Ø Psikologi managemen
Psikologi managemen
adalah bagaimana kita bisa mengatur waktu untuk bisa melakukan kegiatan kita
dengan baik dan tepat waktu .
Kaitannya dengan
psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi,
diketahui bahwa unsur SDM ternyata yang
terpenting dari modal kerja perusahaan
manapun.
ilmu psikologi yg
memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal
manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam
teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya
untuk produktivitas perusahaan.
Ø Organisasi
Organisasi adalah suatu
kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama
• Organisasi
(Industri)
– Dapat
dipandang sebagai suatu sistem terbuka
– Sistem
dilingkupi oleh suatu batas sistem
– Proses
timbulnya organisasi kerja/industri à
– Berdasarkan
suatu perencanaan
– Mulai
dari satu orang
– Kelompok
formal à
diberi batasan yg berisi rincian tugas-tugas dan tanggung jwb tertentu.
• Kelompok
komando
• Kelompok
tugas
Kelompok informal à
tidak diberi batasan oleh struktur organisasi dan terjadi secara spontan antara
sejumlah tenaga kerja
Ø Fungsi kelompok bagi anggotanya
·
Dapat bertukar pikiran sesama anggotanya
·
Dapat memecahkan masalah bersama-sama
·
Dapat memberikan saran satu dengan yang
lainnya
·
Dapat melengkapi kebutuhan satu dengan
yang lainnya
Ø Fungsi perencanaan
• yang
menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang
akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan
organisasi.
Ø Kegiatan dalam fungsi perencanaan
• Menetapkan
tujuan dan target bisnis
• Merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
• Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan
• Menetapkan
standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
Ø Kegiatan
dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi
• Mengimplementasikan
proses pada kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga
kerja agar dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien dalam pencapaian
tujuan
• Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan yang di lakukan
• Menjelaskan
kebijakan yang ditetapkan
Ø Fungsi pengawasan
Proses
dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,
diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang
diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis.
Ø Komunikasi
Komunikasi
adalah proses penyampaian berita dari
seseorang kepada orang lainnya.
Unsur
komunikasi:
–
Adanya pengirim berita
–
Penerima berita
–
Berita yg dikirim
•
Fakta dan informasi
•
Emosi
•
Fakta yg bercampur emosi
–
Media pengiriman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar